Lanjut Usia Mengikuti Therafi Biopsikososial melalui Kegiatan Berkebun

Salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan lanjut usia adalah melalui aktivitas yang produktif dan menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Kegiatan untuk mengisi waktu luang tersebut salah satunya melalui kegiatan berkebun.

Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) “Minaula” kendari, menggagas kegiatan mengisi waktu luang dengan berkebun, selain untuk memberikan terafi sekaligus untuk memanfaatkan lahan yang ada di panti.

Melalui kegiatan berkebun apalagi dilakukan secara bersama dapat menjadi media therafi biopsikososial bagi para lanjut usia. Berkebun melibatkan aktivitas fisik yang dapat memperlancar peredaran darah, dan memicu rasa bahagia apalagi jika dilakukan secara bersama sangat menyenangkan. Selama mengikuti kegiatan berkebun ini akan terbangun hubungan saling berinteraksi satu dengan yang lain dan tercipta dialog dialog sosial diantara sesama lansia.

Hal ini akan menciptakan suasana persahabatan dan kekeluargaan yang dapat mengatasi masalah kesepian dan kesendirian,ungkap Syamsuddin, Kepala PSTW Minaula Kendari.

Therapi berkebun ini mengambil lokasi dibelakang wisma PSTW Minaula yang diikuti sekitar 60 orang PM reguler dan day care yang masih potensial.

Mereka mengikuti sesi therafi dengan bersemangat dan gembira sambil saling melempar canda satu dengan yang lain. Kami suka mengikuti kegiatan berkebun karna seperti mengenang masa lalu ketika kami masih muda dan masih kuat untuk bercocok tanam. Banyak manfaatnya yang bisa kita ambil dari kegiatan berkebun selain menyenangkan, menyehatkan dan membangun hubungan persaudaraan sesama lanjut usia di Panti kata Oma Ende.

Selain dibimbing oleh terapi, kegiatan ini didampingi oleh seorang pakar pertanian dari dinas pertanian Konawe Selatan yaitu Ir. Abdul Rahman Kalimuddin.

Saat ini sedang dilakukan pembukaan bedeng, selanjutnya akan dilakukan pengapuran tanah untuk mengurangi kadar besi di tanah kemudian baru disebar bibit kangkung, bayam dan sawi.

Sementara itu, Jasman sebagai terapis yang sekaligus pekerja sosial menjelaskan bahwa setelah bibit tumbuh dilanjutkan dengan perawatan yang melibatkan lanjut usia untuk ikut merawat tanaman. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat para lanjut usia untuk tetap beraktifitas di waktu luang.

Penulis Berita: 
OHH Rehsos
Fotografer: 
Dok. PSTW Minaula Kd