Hari Disabilitas Internasional, Upaya agar Kesetaraan Jadi Milik Semua

Hari Disabilitas Internasional atau “International Day of Persons With Disabilities”
diperingati setiap tanggal 3 Desember yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sejak tahun 1992.

Peringatan tahunan ini memiliki tujuan yang mulia, yaitu untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang cacat dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak dan kesejahteraan para penyandang cacat.

Selain itu, konvensi PBB tentang hak penyandang disabilitas, yang juga telah diratifikasi pemerintah RI dengan UU No. 19/2011, mendorong pihak-pihak terkait agar penyandang disabilitas juga mendapatkan haknya untuk berpartisipasi penuh dalam kegiatan di masyarakat.

Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat melaksanakan Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Taman Tiangnam yang dimeriahkan oleh 30 siswa-siswi pengisi acara dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Kabupaten Sumbawa Barat dengan menampilkan performance yang luar biasa dari pidato, pantomim, menyayi, puisi, hingga fashion show.

“Keterbatasan bukan halangan untuk terus maju dan berkarya,” ucap Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, MM dalam pidatonya. Hal tersebut terlihat dari pameran hasil karya anak-anak dari Sekolah Luar Biasa. Walaupun memiliki keterbatasan namun mereka tetap berkarya.

Bupati, Wakil Bupati Sumbawa Barat dan Sekretaris Daerah KSB mengadiri acara ini bersama dengan 250 penyandang disabilitas dari seluruh kecamatan di KSB, Ketua Himpunan Penyandang Cacat Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat Bapak Asim Barnas, dan Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Prov. NTB Ibu Sri Sukarni.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan kursi roda dari Pemerintah Prov. NTB berupa 5 kursi roda dan dari Pemerintah KSB 7 kursi roda. Selain itu ada pula 3 unit tongkat tuna netra, 2 unit tongkat tuna daksa.

“Semangatmu adalah inspirasi kami”

dinas sosial dinsos disos kabupaten sumbawa barat ksb