Bupati Kukuhkan Pengurus Kampung Siaga Bencana Pertama Di Sumbawa Barat

Bupati mengukuhkan pengurus Kampung Siaga Bencana “Pasir Putih” di Desa Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. Kampung Siaga Bencana ini merupakan yang pertama di Kabupaten Sumbawa Barat.

Kampung Siaga Bencana merupakan wadah formal penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang pembentukannya diharapkan akan mampu membantu masyarakat dalam meningkatkan kepekaan masyarakat desa dalam menghadapi berbagai bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Dalam pidatonya Bupati Sumbawa Barat menekankan pentingnya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. Tujuan diadakan mitigasi bencana ini adalah untuk melatih mental pihak-pihak yang bertanggungjawab menangani bencana. Salah satunya dengan melakukan simulasi –apa yang harus dilakukan saat dan setelah bencana.

“Kalau hanya ilmu yang diberikan, tetapi simulasi tidak dilakukan, takutnya ketika ada bencana banyak pihak yang kaku. Karena, kalau pada saat bencana, situasi dan mental akan berbeda,” ucap Bupati.

Harapanya,  agar pihak terkait memiliki mental yang hebat, yang kuat, sehingga ada bencana tidak panik. Ilmu penting, tetapi mental juga sama pentingnya,” katanya .

Sebelum dikukuhkan oleh Bupati Sumbawa Barat, sejak tanggal 5 sampai dengan 7 Oktober telah dilakukan berbagai macam agenda kegiatan, diantaranya kegiatan penyuluhan serta pelatihan keterampilan dasar penanggulangan bencana dan diakhiri dengan simulasi oleh Pengurus Kampung Siaga Bencana sebagai dasar penilaian SOP penanggulangan Bencana.

Kegiatan Apel pengukuhan Pengurus Kampung Siaga Bencana “Pasir Putih” Desa Poto Tano Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat juga dihadiri oleh Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sumbawa Barat.