Data dan Informasi

Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu untuk program perlindungan sosial adalah sistem data elektronik yang memuat informasi sosial, ekonomi, dan demografi dari sekitar 40% masyarakat dengan status kesejahteraan terendah.

selengkapnya….

Program Keluarga Harapan disingkat PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga dan/atau seseorang miskin dan rentan yang terdaftar dalam DTPPFM & OTM, diolah oleh Pusdatin Kessos dan ditetapkan sebagai KPM.

FM 332 adalah program perlindungan dan pemberdayaan kepada 3,32% fakir miskin dan orang tidak mampu di Kabupaten Sumbawa Barat.

Jaminan Kesehatan Masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat yang selanjutnya disingkat JKM KSB adalah jaminan pemeliharaan kesehatan melalui program jaminan kesehatan masyarakat (BPJS Kesehatan) dimana iurannya dibayarkan oleh Pemerintah Daerah.

Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT adalah bantuan pangan dari Pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya.

Pengangkatan anak adalah suatu perbuatan hukum yang mengalihkan seorang anak dari lingkungan kekuasaan orang tua, wali yang sah, atau orang lain yang bertanggung jawab atas perawatan, pendidikan dan membesarkan anak tersebut ke dalam lingkungan keluarga.

Lembaga kesejahteraan sosial selanjutnya disebut LKS adalah organisasi sosial atau perkumpulan sosial yang melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum.

Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah kelurahan / desa terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial.

Taruna Siaga Bencana yang selanjutnya disebut TAGANA adalah relawan sosial yang sudah terlatih atau tenaga kesejahteraan sosial berasal dari masyarakat yang memiliki kepedulian dan aktif dalam penanggulangan bencana.