Dinas Sosial Tingkatkan Pengetahuan Dasar Pekerja Sosial Masyarakat (PSM)

Mengingat pentingnya peran dan fungsi pekerja sosial masyarakat (PSM) sebagai mitra kerja Pemerintah dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, beberapa waktu yang lalu Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa barat telah melakukan koordinasi dengan pihak desa dan Kelurahan untuk menjaring relawan sosial yang memiliki tanggung jawab serta kepedulian sosial dan komitmen pengabdian di bidang sosial kemasyarakatan di lingkungannya.

Sebagai Tindak Lanjut Dari Hasil Koordinasi Tersebut, Sebanyak 65 orang mengikuti bimbingan teknis Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Tingkat Kabupaten Tahun 2019 di Hotel Andi Graha Di Kecamatan Taliwang.

Bimbingan teknis Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) yang dilaksanakan Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dasar tentang  PSM.

Pengetahuan yang menjadi bekal petugas di lapangan ini meliputi pengenalan, pemahaman, dan pendalaman informasi dasar yang berkaitan dengan Pekerja Sosial Masyarakat secara khusus dan penyelenggara kesejahteraan sosial pada umumnya.

“Pekerja Sosial Masyarakat harus selalu melakukan identifikasi masalah dengan tokoh masyarakat dan petugas sosial lainnya,” kata Burhan Daeng Mangago S.Pi.,M.Si Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat , Jumat (12/9/2019).

Burhan Daeng Mangago, SP.,M.Si menambahkan pembekalan para Pekerja Sosial Masyarakat ini telah dilaksanakan pada 12 September 2019 lalu dan berharap peserta sudah dapat mempraktekkan keterampilan dan pengetahuannya.

PSM juga dituntut memiliki data PMKS di masing-masing wilayah kerja dan wajib untuk melaksanakan penyuluhan Sosial.

“Harapan dari kegiatan ini adalah PSM mampu meningkatkan koordinasi dan mensinergikan program, meningkatkan pemahaman tupoksi sebagai relawan sosial, mampu membangun jaringan kerja dengan TKSK atau instansi lainnya, tidak pilih kasih dalam azas keimbangan dan kesamaan dalam pemberian bantuan, kata Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat Burhan Daeng Mangago S.Pi.,M.Si”.

Peserta yang mendapat bimbingan teknis ini berasal dari seluruh desa di kabupaten Sumbawa Barat. Dalam kegiatan ini juga hadir juga Narasumber dari Dinas sosial Provinsi Nusa Tenggara barat, Rohjaya Umar Dany, SST.,MPS.Sp (Pekerja Sosial Fungsional Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat) dan Armansyah, Aks.,MM (Kasi PFM Pesisir dan Pulau Terpencil) dengan Materi :1. Permasalahan Sosial dan Program Perlindungan Jaminan Sosial. 2. Pendekatan Praktek Pekerjaan Sosial bagi Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).