Kegiatan Aksi Sosial Dalam Memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN)

Taliwang – Dalam rangka memperingati hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat Dalam hal ini Bidang Pemberdayaan Sosial Melakukan aksi sosial, Kamis (28/11)

Kegiatan sosial itu berupa Pemberian Bingkisan bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial yaitu Lansia dan Penyandang Disabilitas di lingkungan Mesjid Babus salam dan Anak yatim Piatu yang berada dipanti Asuhan Al-Balad Perjuk dan Panti Asuhan Baitussakinah Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Kegiatan Pemberian Bingkisan Ini melibatkan 35 siswa/siswi SMA/SMK/MAN dari perwakilan sekolah Menengah Atas yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat .

Kegiatan Pemberian Bingkisan tersebut di awali dengan pembekalan kepada para siswa/siswi  guna Meningkatkan Semangat rasa Kesetiakawanan Sosial untuk menyemangati para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) oleh Narasumber Kabupaten ibu Alein Erida Daeng Iji, S.Psi.,M.Si

Dalam Kegiatan itu Ibu Kepala Seksi Pemberdayaan sosial Kelembagaan Masyarakat, Restorasi dan Kepahlawanan Sosial Hanisah, S.Ap Selaku Ketua Panitia Mengatakan Bahwa Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah APBD-P 2019 dan Surat keputusan Bupati Sumbawa Barat tentang penunjukan Narasumber, Panitia dan Peserta Pelaksanaan kegiatan hari kesetiakawananan Sosial Nasional 2019.

Hanisah, S.Ap memaparkan bahwa Hari Kesetiakawanan Sosial adalah merupakan nilai dasar yang terwujud dalam bentuk Pikiran, Sikap, dan hidup saling peduli dan berbagi yang dilandaskan oleh kerelaan, kesetiaan, kebersamaan guna meningkatkan harkat dan martabat dan harga diri sebagai Warga Negara Indonesia.

Sementara itu Kepala Bidang Pemberdayaan sosial Burhan daeng Mangago, S.Pi.,M.Si berharap, melalui HKSN memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, untuk semakin memiliki kepedulian sosial guna membantu masyarakat Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial.

“Kami harapkan, HKSN itu bisa mengajak masyarakat untuk makin peduli membantu masyarakat kurang mampu, karena kesetiakawanan sosial itu sudah menjadi jati diri bangsa seiring dengan program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”imbuhya..

Acara Pembekalan itu dibuka secara resmi oleh bapak Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Burhan Daeng Mangago, S.Pi.,M.Si

Sementara itu puncak Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dilaksanakan di Kalimantan Selatan yang rencana pelaksanaannya pada tanggal 20 Desember 2019.