Pelaksanaan Upacara Hari Pahlawan 2019

Taliwang, Ahad (10/11/2019) Meskipun Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 Jatuh Pada Hari Libur,Kabupaten Sumbawa Barat tetap menggelar Peringatan Hari Bersejarah Tersebut. Upacara dimulai tepat pukul 07.30 di depan halaman kantor Bupati Sumbawa Barat.

Hari Pahlawan Ke 74 di Rangkaikan dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55, Penghargaan Bidan Desa Berprestasi,Pemberian hadiah Lomba Cerdas Cermat, Penyerahan Bantuan Rehab Rumah RUTILAHU dari Baznas KSB, Penyerahan secara simbolis Insentif Guru Sekolah Swasta , Penyerahan Kursi Roda dan Alat Bantu dengar Kepada Lansia dan Disabilitas, Serta Penghargaan Kepada Penyuluh Berprestasi di Lingkup Kabubapten Sumbawa Barat.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Sumbawa Barat Dr.Ir H.W Musyafirin.,MM. Komandan Upacara Oleh Danup Lettu Inf Zainul Fahri. Prosesi upacara peringatan Hari Pahlawan yaitu pengibaran Bendera Merah Putih, Mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara. Pembacaan naskah Pancasila oleh Inspektur Upacara yang di ikuti oleh seluruh peserta upacara, pembacaan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Oleh Bripda Ahmad Darul Agam Naim, Penggerek Bendera Oleh Serda Ruslin, Kopda Syarifuddin dan Kopda Fahrurrozi Serta pembacaan Pesan-Pesan Perjuangan dari para Pahlawan Nasional. Upacara tersebut diikuti oleh para Pimpinan OPD,Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, TNI/Polri, ASN serta Beberapa Elemen daerah.

Amanat Inspektur upacara, dalam amanat tersebut Disampaikan Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P Batubara ” Peringatan hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan Pengorbanan para Pahlawan sebagaimana Ungkapan salah seorang Founding Fathers kita Bung karno Yang Menyatakan Bahwa ” bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar..” Selain itu Peringatan hari pahlwan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan tahun 2019 ” Aku Pahlawan Masa Kini “. Demikian bunyi salah satu amanat Bupati Sumbawa Barat pada upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019.

Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menunggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya Demikian bunyi salah satu amanat Bupati Sumbawa Barat pada upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019.

Diantara Pesan-Pesan Perjuangan Dari Para Pahlawan Nasional yang disampaikan : 1. Ir. Soekarno ” Berikan Aku 1000 Orang Tua, Niscaya Kucabut Semeru dari akarnya. Dan Berikan Aku10 Pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.” Bangsa yang besar Adalah Bangsa Yang menghormati Jasa Pahlawannya”. 2. Prof. Moh. Yamin, SH “Cita-cita Persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tapi benar-benar oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri”. 3. Abdul Muis “Jika Orang lain Bisa, Saya Juga Bisa, jika Memang Mau berjuang”. 4. Pattimura “Pattimura-Pattimura Tua boleh dihancurkan, tetapi kelak Pattimura-Pattimura muda akan bangkit”. 5. Moh. Hatta ” Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata untuk membela cita-cita”.

Bahwa seluruh rangkaian kegiatan upacara peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta Tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia.

Upacara berlangsung dengan lancar dan khidmat, ditutup dengan Pembacaan Do’a Oleh Ust Igfar, S.Sos dari Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat.