Penyandang Disabilitas Mental (PDM) terlantar dan Korban Pasung pun masih bisa produktif”

PSBL Phala Martha melaksanakan penjangkauan pelayanan rehabilitasi sosial PDM di LKS Aura Welas Asih Pelabuhan Ratu Sukabumi (05/04 2018).
Dalam kegiatan tersebut PSBL Phala Martha memberikan bantuan alat dan bahan keterampilan pembuatan keset kepada LKS. Tidak hanya sebatas pemberian alat keterampilan, Tim Penjangkauan PSBL Phala Martha juga melaksanakan bimbingan dan pendampingan dalam pembuatan keset kepada para PDM dan Pendamping LKS Aura Welas Asih.

Para PDM dan Pendamping sangat antusias dan semangat mengikuti praktik pembuatan keset hingga dapat menyelesaikan 5 buah keset pada kegiatan ini. Kegiatan selanjutnya akan dilaksanakan bulan Juni 2018 berupa bimbingan keterampilan pertanian dan teknis pelayanan rehabilitasi sosial.

Kepala PSBL Phala Martha, Neni Riawati menyampaikan bahwa keterampilan keset yang diberikan merupakan bagian dari proses rehabilitasi bagi PDM. Dimana dalam keterampilan tersebut akan berlangsung proses komunikasi, interaksi, gerak motorik kasar dan halus, melatih daya ingat serta melatih fokus konsentrasi. Diharapkan melalui kegiatan ini, PDM bisa mandiri dan membantu kebutuhan dasar PDM yang berada di LKS.

Ketua LKS Aura Welas Asih, Denny mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan PSBL Phala Martha. Denny menyampaikan bahwa kegiatan inilah yang sangat ditunggu dan dinantikan kehadirannya di LKS untuk mengisi waktu luang bagi para PDM yang tinggal di LKS.

Lebih lanjut Denny menyampaikan ucapan terima kasih kepada PSBL Phala Martha yang selama ini telah banyak membantu serta membimbing LKS Aura Welas Asih.

Neni juga menambahkan agar kegiatan ini terus berlanjut demi mendukung terwujudnya keberfungsian sosial para PDM terlantar dan korban pemasungan.

Penulis : Andi Hastono/Jerry
Fotografer : Andry Permana

Penulis Berita: 
Andi Hastono/Jerry
Fotografer: 
Andri Permana