Pondok Anak Ceria ikut redakan trauma korban gempa

Pondok Anak Ceria (PAC) merupakan bentuk kegiatan dalam memberikan layanan psikososial bagi masyarakat khususnya anak-anak usia 4 tahun hingga 15 tahun yang terkena dampak bencana alam gempa bumi. Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat telah melakukan PAC pertama kali dalam masa tanggap darurat bencana alam gempa bumi selama 7 (tujuh) hari yaitu pada tanggal 22 – 28 Agustus 2018.

Kegiatan PAC pada tahap awal mencakup 1.600 anak dari 2 (dua) lokasi yaitu Kecamatan Poto Tano dan Kecamatan Seteluk. Pada 2 (dua) kecamatan ini mencapai 11 (sebelas) titik pengungsian, yaitu di  Desa Poto Tano, Kokarlian, Tambak Sari, Senayan, Tebo, Kiantar dan Tuananga pada Kecamatan Poto Tano, sedangkan pada Kecamatan Seteluk terletak di Desa Seteluk Tengah, Seteluk Atas, Rempe, Loka, Seran, dan Meraran)

Dikarenakan belum maksimalnya pelaksanaan PAC diseluruh kecamatan se-Kabupaten Sumbawa Barat dan banyaknya permintaan dari tiap-tiap kecamatan untuk dilanjutkan kembali kegiatan yang dimaksud.

Sehingga pada tahap II ini, PAC akan dilaksanakan secara menyeluruh di 8 kecamatan se-Kabupaten Sumbawa Barat selama bulan Oktober hingga Desember 2018 dengan jumlah sasaran mencapai 3.500 anak dan 35 lokasi. Pada tahap II, PAC Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat bekerja sama dengan beberapa relawan yang tergabung dalam beberapa organisasi yaitu antara lain Yayasan Baitussakinah, Himpunan Mahasiswa Islam, Bulan Sabit Muslimat Indonesia, Pramuka, Tagana Dinas Sosial KSB, Nasyiatul Aisyiah KSB, Ikatan Da’i KSB, Tenaga Kesejahteraan Sosial Anak, Lembaga Perlindungan Anak, Karang Taruna, Dinas Kesehatan, Palang Merah Indonesia, dan Sekretaris Daerah bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

Kegiatan PAC ini bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan keceriaan pada masyarakat pasca bencana alam gempa bumi khususnya bagi anak-anak.
  2. Mengurangi rasa trauma khususnya bagi anak-anak pasca bencana alam gempa bumi.
  3. Meningkatkan keberanian khusus bagi anak-anak pasca bencana alam gempa bumi

dinas sosial dinsos disos kabupaten sumbawa barat ksb

Keseruan mengikuti Pondok Ceria Anak