Uji Temu Arsip 3 Detik

Hari Senin, 6 Januari 2020 pukul 08.30 Wita merupakan jadwal Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat yang di berikan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumbawa Barat dalam “Uji Temu Arsip 3 Detik”.

Tim Penguji kali ini adalah Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumbawa Barat Drs. H. Syamsul Kamil, M.M., Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat dr. H. Syaifuddin, Pejabat Fungsional Arsiparis Yuyun Darmi, S.E., Dinas Arsip dan Perpustakaan KSB, dan Kepala Seksi Pengembangan Kearsipan Dinas Arsip dan Perpustakaan KSB.

Tim Teknis Penataan dan Pengelolaan Arsip di Lingkungan Dinas Sosial KSB Tahun 2019 yaitu Hayatunnur sebagai Penanggung Jawab Pengelola Arsip Inaktif Dinas, dan Anggota Pengelola Arsip Inaktif Dinas antara lain Losia Ulfah, A. Md., Sri Susanti, S.E., Desi Muslimatul Hasanah, S.E., Siti Maryam, dan Sumiati, A.Md.

Yang diuji dalam kegiatan ini adalah “Kecepatan dan Ketepatan dalam mencari arsip/berkas atau dokumen dalam waktu 3 minimal detik” dan Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat dinyatakan berhasil. “Hal ini tentu saja tidak lepas dari bimbingan dan arahan Pejabat Fungsional Arsiparis Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumbawa Barat Ibu Yuyun Darmi, SE., yang dengan sabar bolak balik hingga 6 kali bimbing kami dari mengumpulkan dokumen yang akan diarsipkan, memilah, memberkaskan, menentukan skema penata arsip, mendiskripsikan arsip, menyampul fisik arsip dengan dengan kertas kissing dan mengikat, manuver fisik berdasarkan diskripsi arsip yang meliputi kegiatan, mengelompokkan fisik arsip berdasarkan klasifikasi arsip, memberikan nomor definitive fisik arsip, menata fisik arsip ke dalam box, memberikan label pada box arsip, menentukan lokasi penyimpanan arsip hingga mengatur box arsip dalam rak dan menginput isi informasi deskripsi ke dalam Daftar Pencarian Arsip (DPA) Inaktif Dinas Sosial” tutur Hayatunnur. (HNZ)